Widyatama Blog Contest: Manfaat Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan

Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan – Disini saya mencoba mengikuti kompetisi Widyatama Blog Contest karena tema yang diangkat tentang perkembangan teknologi informasi di dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu saya mencoba untuk memberikan pengetahuan atau sharing kepada para pembaca tentang teknologi informasi ini. Mungkin seperti yang sudah kita ketahui bersama-sama bahwa kemajuan teknologi semakin kini semakin berkembang dan tanpa kita sadari bahwa kehidupan kita tidak luput dari teknologi. Sebagai contohnya internet, siapa sih yang tidak mengenal internet? Sebagian orang pasti tahu dan pernah menggunakannya. Internet yang saat ini ada di dalam genggaman kita membuat gaya hidup seseorang tak luput dari dunia teknologi.

Teknologi  ini sudah mulai merambah ke seluruh elemen yang ada didunia, yang akhirnya lambat laun digunakan juga dalam dunia pendidikan. Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi ini dapat dikatakan sebagai alat dalam proses kegiatan para siswa dan mahasiswa di kegiatan belajar mengajar.

Widyatama Blog Contest

Widyatama Blog Contest

Teknologi informasi dalam dunia pendidikan ini memang cukup signifikan dalam penggunaanya karena mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa dan mahasiswa. Sehingga mereka tidak hanya belajar di sekolah atau kampus, dengan menggunakan internet mereka akan menambah pengetahuan diluar jam pelajaran. Ada beberapa manfaat dari teknologi yang saya rasakan selama ini.

  1. Saat ini teknologi sudah menjadi sebuah alat dalam proses belajar mengajar. Bagi saya ini sangat membantu karena tidak semua pengetahuan kita dapatkan dikampus karena terbatas oleh jam matakuliah, oleh karena itu internet membantu apa yang saya cari dan saya belum mengerti.
  2. Sebagai media informasi dalam mengerjakan tugas. Disaat buku tidak dapat memberikan informasi secara lengkap, internet memberikan saya sebuah informasi sehingga saya bisa menyelesaikan tugas.
  3. Kebanyakan dosen menyimpan materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya di web/blog. Mungkin baru sebagian dosen yang menyimpan materi bahan ajar yang telah disampaikan dikelas ke dalam web/blog, menurut saya ini memberikan kita kemudahan disaat kita tidak dapat hadir dikarenakan sakit kita tidak perlu takut akan tertinggal pelajaran dikelas. Dengan adanya materi yang disimpan membuat kita dapat mengunduhnya dan mempelajarinya di rumah, nah jika ada yang belum mengerti kita bisa tanyakan esok hari saat dikelas kepada dosen yang bersangkutan.
  4. Sebagai media berdiskusi. Mungkin ini cukup sering digunakan bagi saya, karena disaat informasi yang kita cari di buku dan internet masih belum lengkap, kita berdiskusi dengan teman maupun dengan dosen untuk menanyakan informasi yang kita butuhkan dalam menyelesaikan tugas.

 education’s purpose is to replace an empty mind with an open one.  ~Malcolm S. Forbes

Bagi saya itulah manfaat yang saya rasakan selama ini, yang saat ini saya kuliah di Universitas Widyatama dengan jurusan Teknik Informatika tentu saja tugas-tugasnya membutuhkan bantuan teknologi informasi seperti halnya yang sudah saya sampai diatas, kemudian dalam mengirimkan tugas kepada dosen dan kita juga bisa men-share apa yang sudah kita dapatkan kepada teman. Dengan seperti ini proses belajar mengajarpun menjadi lebih menyenangkan.

Mungkin ini yang saya ketahui tentang teknologi informasi dan manfaat yang saya rasakan selama ini. Bagi kalian yang ingin memberikan wawasan tentang teknologi ini tidak ada salahnya jika mengikuti kompetisi Widyatama Blog Contest yang diadakan oleh Universitas Widyatama ini selain untuk berkompetisi, kita memberikan wawasan kepada para pembaca tentang teknologi informasi di dalam bidang pendidikan.

One comment

  1. […] membahas tentang Widyatama Blog Contest: Manfaat Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan, disini saya akan membahas tentang  pemanfaatan e-book sebagai salah satu teknologi dalam dunia […]

Leave a Reply

